Yuk, Abadikan Momen Berhargamu di Danau Cermin Lamaru Balikpapan

posted on 23 Jan 2017 09:22 by syahdianmuharia in wisata

Jika Anda bertanya tempat wisata apa yang saat ini sedang hits di Balikpapan, maka jawabannya sudah pasti Danau Cermin Lamaru. Danau yang saat ini sangat populer diantara wisatawan lokal ini berada di kelurahan Manggar Balikpapan Timur. Anda bisa menemukan pemandangan danau yang indah dengan pantulan awan yang berarak di birunya langit pada permukaan danau yang jernih. Tidak heran apabila masyarakat menamai danau ini sebagai danau cermin. Peta : https://goo.gl/maps/jxNTA8wx6Hn

Sebetulnya, danau ini bukanlah tempat wisata khusus yang dikelola secara resmi oleh pemerintah maupun swasta. Danau ini hanyalah sebuah cekungan air yang terjadi sebagai akibat pembangunan di wilayah tersebut. Namun karena pemandangan yang indah pada danau cermin, terutama pada siang hari, maka di media sosial danau ini pun menjadi terkenal. Itu karena banyak orang penasaran dengan danau tersebut lalu mengunggah foto-fotonya di akun-akun milik mereka.

Lansekap Danau Cermin Lamaru memang sungguh apik. Danau ini dikelilingi pepohonan yang rimbun di sekitarnya. Jika kebetulan Anda ke sana di siang hari yang cerah, maka Anda bisa menikmati keindahan danau tersebut. Pantulan bayangan langit dan pepohonan di permukaan danau yang jernih dengan dasar berwarna kehijauan. Danau ini cocok sekali bagi Anda yang menggemari fotografi, atau sekedar untuk melepas kepenatan  dengan menikmati pemandangan alam secara gratis dan bebas.

Ada beberapa versi yang berkembang di masyarakat sekitar terkait asal muasal danau tersebut. Ada memang yang menyebut bahwa danau tersebut berasal dari sumber mata air. Namun sebagian yang lain mengatakan bahwa danau yang cantik itu merupakan akibat dari dilakukannya pembangunan yang merubah bentang alam dan menciptakan cekungan sehingga lama kelamaan berisi air lalu menjadi danau. Apapun penyebabnya, yang jelas kini terdapat danau cermin yang harus dijaga dan dirawat keindahan dan kebersihannya.

Apabila Anda berencana ke danau tersebut untuk sekedar menikmati pemandangan maupun mencari spot yang bagus untuk berfoto, jangan lupa untuk menjaga kebersihan danau tersebut. Tidak ada penjaga danau maupun tiket yang dibutuhkan untuk masuk ke kompleks Danau Cermin Lamaru. Namun begitu kita harus sama-sama menyadari bahwa keindahan danau tersebut haruslah dijaga bersama-sama agar bisa dinikmati terus menerus oleh siapa saja.

Sementara ini cara untuk menikmati keindahan danau cermin hanyalah sebagai lanskep menarik untuk berfoto maupun sekedar menikmati pemandangan. Hal ini karena pada kompleks Danau Cermin Lamaru memang tidak ada wahana wisata atau bermain khusus misalnya playground untuk anak-anak. Jika Anda hendak berenang pun, nampaknya hal itu juga belum lazim dilakukan di danau cermin. Anda hanya bisa menikmati trekking di area sekitar danau, maupun camping jika Anda ingin mendapatkan suasana berbeda di malam hari.

Tetapi Anda harus hati-hati agar tak masuk ke dalam air, terutama jika Anda membawa anak-anak. Kedalaman air Danau Cermin Lamaru mungkin tidak seberapa, namun berbahaya karena tetap bisa menenggelamkan seseorang jika tak hati-hati. Apalagi pada danau tersebut tidak terdapat petugas untuk menjaga keamanan pengunjung. Sehingga menjaga keamanan pribadi adalah tanggung jawab masing-masing orang yang berkunjung ke danau tersebut.

Tertarik untuk mengunjungi objek wisata yang ngehits ini? Anda bisa memanfaatkan jasa sewa mobil Balikpapan yang terpercaya seperti Docar untuk mengantarkan Anda ke Danau Cermin Lamaru. Buka saja docar.co.id untuk mendapatkan mobil sewa dengan harga kompetitif.  Dari pusat kota Balikpapan, perjalanan menuju danau cermin membutuhkan waktu tak lebih dari satu jam. Jadi di sela-sela kunjungan Anda, maka memasukan danau cermin sebagai salah satu dalam daftar kunjungan tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

 

Danau Cermin Lamaru merupakan tempat wisata dan berfoto yang saat ini sedang hits di Balikpapan. cukup sewa mobil balikpapan untuk menuju kesana dan menikmati lansekap danau cermin.